Selasa, 05 November 2013

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Edit Posted by with No comments


1.     Bergerak
Ada dua macam gerakyaitu gerak aktif dan gerak pasif. Gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip.
Gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan. Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat, tapi menggerakkan sebagian tubuhnya.
2.     Peka terhadap rangsang (Iritabilitas)
Makhluk hidup peka terhadap perubahanyang terjadi di sekitarnya. Alat pengenal lingkungan pada manusia dan hewan berupa indra. Indra peka terhadap rangsang. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, bau, rasa atau sentuhan. Dengan adanya indra yang peka terhadap rangsang – rangsang tersebut, manusia  dan hewan mempunyai kemampuan melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan menyentuh / meraba.
3.     Membutuhkan Asupan Makan (Nutrisi) yang cukup
Makanan diperlukan mahluk hidup sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan mengganti sel – sel yang rusak. Tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan memproduksi sendiri. Tumbuhan hijau sebagai produsen mengolah zat – zat anorganik menjadi zat organik melalui proses fotosintesis.
Fotositesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijaudengan bantuan sinar matahari.
4.     Bernapaf (Respirasi)
Setiap saat makhluk hidup bernapas. Bernapas adalah pengambilan oksigen untuk oksidasi makanan, sehingga memperoleh energi dan sisa oksidasi berupa karbondioksida. Oksigen digunakan untuk pembakaran zat makanan yang disebut proses oksidasi biologis. Proses oksidasi menghasilkan energi yang digunakan untuk bermacam – macam aktivitas. Sedangkan sisa oksidasi yang berupa karbondioksida dan uap air dikeluarkan bersama udara yang dihembuskan ketika bernapas.
5.     Tumbuh dan Berkembang
Tumbuh dan berkembang adalah salah satu dari beberapa ciri – ciri organisme yang ada. Pertumbuhan selalu berkaitan erat dengan perkembangan organisme.Tumbuhan merupakan perubahan ukuran organisme karena bertambahnya sel – sel dalam tubuh organisme yang tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kuantitatif. Atau dapat diartikan perubahan ukuran organisme dari kecil menjadi besar.
contoh :
a.     Bayi tumbuh lama – lama menjadi anak – anak, kemudian menjadi remaja dan dewasa
b.     Berat tubuh kucing yang tadinya  2 kg menjadi 6 kg
c.      Pertumbuhan tumbuhan dapat diukur dengan mengguanakan sebuah alat ukur khusus yang dinamakan auksanometer.
Selanjutnya adalah perkembangan merupakan salah satu perubahan organisme ke arah kedewasaan dan biasanya tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat akualitatif.
contoh :
a.     Terlihatnya jenis kelamin sekunder pada remaja
b.     Pematangan hormon – hormon dalam tubuh
c.      Matangnya sel ovum dan sel sperma
6.     Berkembang Biak (Reproduksi)
Salah satu ciri makhluk hidup adalah mampu melakukan perkembangbiakan. Berkembang biak artinya menghasilkan makhluk baru yang sejenisnya . Makhluk hidup berkekbang biak untuk melestarikan keturunannya.

0 komentar:

Posting Komentar