Kamis, 17 Oktober 2013

TINDAKAN, MOTIF DAN PRINSIP EKONOMI

Edit Posted by with No comments



A.      Tindakan Ekonomi
1.       Pengertian Tindakan Ekonomi
Usaha-usaha manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya baik kebutuhan jasmani dan rohani.
2.       Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi
a.       Tindakan Ekonomi Rasional
Tindakan Ekonomi Rasional adalah setiap tindakan yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. Contoh tindakan ekonomi yang termasuk dalam tindakan ekonomi rasional adalah sebagai berikut :
·         Saat menyusun daftar belanja, Ibu Ira menempatkan makanan sebagai kebutuhan yang pertama kali harus dipenuhi daripada televisi. Keputusan ini dilakukan Ibu Ira karena makanan merupakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi, sedangkan televisi merupakan kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya.
·         Untuk kebutuhan bahan baku hasil kerajinannya, Roni membeli dari perusahaan penyedia bahan baku yang memberikan harga terendah. Dengan tindakan ini Roni dapat menghemat biaya produksi usaha.
·         Seorang eksportir sepatu lebih memilih menggunakan kapal laut saat mengirim hasil produksinya daripada pesawat terbang. Hal ini ia lakukan agar hasil produksi lebih banyak terangkut dan biaya pengiriman lebih murah.
b.      Tindakan Ekonomi Irasional
Tindakan ekonomi irasional adalah setiap tindakan yang tidak dilandasi pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. Contoh tindakan ekonomi yang termasuk dalam tindakan ekonomi irasional adalah sebagai berikut :
·         Rendi minum air dingin saat hujan. Walaupun bisa menghilangkan rasa dahaga Rendi, minum air dingin saat hujan akan menyebabkan sakit flu.
·         Bapak reno menjual produknya dengan harga yang lebih rendah dari ongkos produksi agar laku terjual. Walaupun dilakukan agar produksinya laku terjual, tetapi usaha Bapak Reno tidak akan bertahan lama karena selalu mengalami kerugian.
·         Saat mengirimkan daging sapi kepada pembeli, Ibu Lira tidak melengkapinya dengan alat pendingin. Hal ini ia lakukan dengan tujuan untuk menghemat biaya kirim, padahal untuk menjaga daging sapi tetap segar dibutuhkan alat pendingin atau es. Akibatnya, pembeli membatalkan pesanan karena ketika tiba daging sapi tadi sudah busuk.
B.      Motif Ekonomi
1.       Pengertian Motif Ekonomi
Keinginan yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi disebut motif ekonomi. Motif ekonomi adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi.
a.       Motif Intrinsik
Motif intrinsik adalah keinginan melakukan tindakan ekonomi yang timbul atas kemauan sendiri. Berikut contoh tindakan ekonomi yang didorong motif intrinsik.
·         Saat rasa haus datang, Indra membeli sebotol air mineral.
·         Rini memakai kaca mata karena matanya sudah tidak normal.
b.      Motif Ekstrinsik
Motif Ekstrinsik adalah keinginan melakukan tindakan ekonomi yang didorong oleh lingkungan atau orang lain. Contoh tindakan ekonomi yang didorong motif ekstrinsik adalah sebagai berikut :
·         Lala memakai sepatu warna hitam saat pergi ke sekolah karena sudah menjadi peraturan sekolah.
·         Diams membeli celana jins karena ingin mengikuti mode.
2.       Macam-Macam Motif Ekonomi
a.       Motif Memenuhi Kebutuhan
Motif memenuhi kebutuhan adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan.
b.      Motif Mendapatkan Laba
Motif untuk mendapatkan laba adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi untuk mendapatkan keuntungan.
c.       Motif Mendapatkan Kekuasaan Ekonomi
Motif untuk mendapatkan kekuasaan ekonomi adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi karena ingin menguasai berbagai kegiatan usaha dalam perekonomian.
d.       Motif Mendapatkan Penghargaan
Motif mendapatkan penghargaan adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi agar memperoleh penghargaan dari atasan, masyarakat, atau pemerintah.
e.      Motif Sosial
Motif sosial adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi karena ingin menolong sesama.
C.      Prinsip Ekonomi
1.       Pengertian Prinsip Ekonomi
Prinsip ekonomi adalah pedoman melakukan tindakan ekonomi dimana di dalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yang maksimal, atau dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil tertentu.
2.       Prinsip Ekonomi dalam Berbagai Kegiatan Ekonomi
a.       Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Konsumsi
Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi merupakan tindakan yang didorong oleh keinginan memperoleh kepuasan sebesar-besarnya dari suatu barang atau jasa dengan pengorbanan tertentu. Mengenai bentuk-bentuk penerapannya dalam kegiatan konsumsi, dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
·         Membuat skala prioritas kebutuhan. Cara ini dilakukan dengan mennyusun kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan kebutuhan mana yang pemuasannya dilakukan setelah kebutuhan lain terpenuhi.
·         Membeli alat pemuas kebutuhan yang berkualitas baik dengan harga relatif murah.
·         Bersikap hemat dalam memanfaatkan alat pemuas kebutuhan.
·         Selalu berusaha menyisihkan penghasilan untuk ditabung.
b.      Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi
Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi merupakan tindakan yang didorong oleh keinginan menghasilkan barang/jasa sebanyak-banyaknya dengan mengorbankan sejumlah tertentu sarana atau alat-alat produksi yang dimiliki.dalam kegiatan produksi, penerapan prinsip ekonomi dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
·         Membuat barang/jasa yang dibutuhkan dan disukai oleh masyarakat.
·         Mendirikan pabrik di lokasi yang strategis.
·         Menekan biaya produksi seminimal mungkin. Namun, bukan berarti mengurangi bahan baku/atau memberikan upah serendah-rendahnya kepada karyawan.
c.       Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Perdagangan
Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan perdagangan merupakan tindakan yang didorong oleh keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari kegiatan jual beli barang dan jasa. Dalam kegiatan perdagangan, penerapan prinsip ekonomi dapat dilakukan dengan 4 cara berikut :
·         Berusaha mendapatkan barang dagangan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas dan bermutu, tetapi dengan harga yang relatif murah.
·         Menjual barang/jasa yang dibutuhkan masyarakat dengan harga terjangkau dan sesuai dengan daya beli masyarakat, tetapi tetap menguntungkan.
·         Selalu memberikan pelayanan yang terbaik saat melayani pembeli.
·         Menerapkan proses yang terbaik dan tercepat saat mengirimkan barang dan jasa.
Dengan menerapkan cara-cara tadi, pedagang tidak hanya akan mendapatkan keuntungan yang maksimal tapi juga akan memiliki pembeli setia/pelanggan.
3.       Manfaat Prinsip Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari
Penerapan prinsip ekonomi bisa dilakukan oleh siapa saja dan di berbagai kegiatan.  Seseorang atau badan usaha yang menerapkan prinsip ekonomi akan mendapatkan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat dari penerapan prinsip ekonomi :
·         Mencegah adanya pemborosan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam.
·         Melakukan pemenuhan kebutuhan secara terencana dan teratur.
·         Memupuk semangat untuk selalu mempunyai perhitungan di segala tindakan ekonomi yang dilakukan.

Posted in

0 komentar:

Posting Komentar