Kamis, 10 April 2014

"Macam – Macam Angin dan Pengertiannya"

Edit Posted by with No comments

Macam – Macam Angin dan Pengertiannya

1.      Angin Barat                 :           angin yang berhembus dari daerah subtropik ke kutub                                           sampai pada lintang 60°, baik lintang utara maupun                                                lintang selatan.
2.      Angin Timur                :          angin yang berasal dari daerah timur dan terdapat                                                             pada batas kutub.
3.      Angin Pasat                 :          angin yang berhembus terus menerus dari daerah                                                   maksimum sub-tropik selatan dan utara menuju ke                                                             arah khatulistiwa.
4.      Angin Anti Pasat          :           angin yang arahnya berlawanan dengan angin pasat.
5.      Angin Muson Darat     :           angin yang terjadi pada musim dingin, tekanan udara di                                         daratan maksimum dan di lautan minimum, bersifat                                               kering.
6.      Angin Muson Laut       :           angin yang terjadi pada musim panas di antara tekanan                                         udara minimum dan di laut maksimum.
7.      Angin Darat                 :           angin yang berhembus dari darat ke laut.
8.      Angin Laut                   :           angin yang berhembus dari laut ke darat.
9.      Angin Lembah             :           angin yang bertiup dari lembah ke gunung ( terjadi                                                             pada siang hari).
10.  Angin Gunung             :           angin yang bertiup dari lereng gunung ke lembah(                                                  terjadi pada malam hari).
11.  Angin Siklon                :           angin di daerah depresi yang memiliki barometris                                                   minimum dan dikelilingi barometris maksimum.
12.  Angin Antisiklon          :           angin di daerah kompresi yang memiliki barometris                                                maksimum dan dikelilingi barometris minimum.
13.  Angin Fohn                  :           angin yang bersifat panas dan kering yang turun dari                                              daerah pegunungan.
Posted in

0 komentar:

Posting Komentar