Selasa, 29 April 2014

Mendengarkan Pembacaan Puisi dan Menanggapinya

Edit Posted by with No comments
    Salah satu bagian karya sastra berbentuk untaian kata-kata yang setiap katanya memiliki kandungan makna yang kaya adalah puisi. Puisi akan lebih menarik jika dibacakan dengan cara deklamasi. Hal menarik dalam pembacaan sebuah puisi melibatkan beberapa unsur; di antaranya irama,mimik,kinesik,volume suara,ekspresi,serta penghayatan isi puisi yang di bacakan.
            Pada dasarnya, puisi merupakan karya sastra untuk didengarkan. Puisi memiliki bunyi, irama, persajakan, bentuk kata, dan kalimat yang menarik. Oleh karena itu, membaca puisi harus dengan lafal, intonasi, dan nada suara yang tepat.

                   Faktor-faktor yang harus diperhatikan saat membaca puisi (termasuk ketika menanggapi cara pembacaan temanmu nanti):
l. Suara (Vokal)

            Pembaca puisi hendaknya menyampaikan keindahan puisi dengan suara (vokal) yang baik. Hal-hal yang berkaitan dengan suara (vokal) adalah:

a. Artikulasi

            Pembaca puisi hendaknya mampu mengucapkan setiap kata dari puisi tersebut dengan jelas, baik bunyi vokal maupun konsonan.

b.Intonasi

            Puisi akan terkesan menarik jika dibacakan dengan memperhatikan variasi lagu kalimat yang dibawakan secara wajar.


       2. Kinesik

            Kinesik adalah ilmu yang mempelajari isyarat yang menggunakan berbagai bagian tubuh. Yang termasuk kinesik adalah ekpresi dan gesture (gerak tubuh).

a. Ekspresi

            Disebut juga mimik (raut muka) adalah pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang. Mimik harus muncul dengan sendirinya sesuai dengan jiwa puisi.

b. Gesture(gerakan tubuh)

            Termasuk di dalamnya adalah sikap tubuh, gerakan jari-jemari, tangan, lengan, pundak, goyangan pinggul, dan gelengan kepala. Gerakan tubuh dapat menghidupkan sebuah puisi yang dibacakan asalkan tidak berlebihan.

            Yang perlu diingat, sebelum kamu membacakan sebuah puisi, pahamilah baik-baik isi puisi tersebut. Dengan memahami apa isi puisi itu, kamu akan gampang mengekspresikan diri, baik intonasi maupun kinesik. Jangan sampai, puisi yang bercerita sedih kamu bawakan sambil tertawa-tawa.

Hal-hal yang bisa kamu peroleh ketika mendengar puisi:
1.      Kamu dapat mengembangkan dan mempertajam rasa keindahan dalam dirimu.
2.      Kamu bisa mengembangkan sikap berempati dan bersimpati terhadap orang lain.
3.      Kamu dapat memperluaspyengetahuan dan pengalaman.
4.      Kamu bisa merefleksikan pembacaan puisi dalam berbagai bentuk,seperti tanggapan,tulisan diskusi,dan pernyataan.

0 komentar:

Posting Komentar